Pertemuan IV FPPT Jabar

PERTEMUAN ILMIAH RUTIN IV FPPT WILAYAH JABAR BEKERJASAMA DENGAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AHMAD YANI (UNJANI)

TEMA:

TEKNIK PENELUSURAN JURNAL ONLINE UNTUK KEGIATAN PENELITIAN CIVITAS AKADEMIKA

(Reportase, Rabu, 19 Nopember 2008)

Pertemuan dibuka oleh Ketua FPPT Jabar dan Rektor UNJANI, dihadiri oleh ± 100 orang peserta, terdiri dari para Kepala Perpustakaan yang menjadi anggota FPPT Jabar, perwakilan Kopertis Jabar, Perwakilan APTISI Jabar, dan para tamu undangan dari UNJANI..

Ketua FPPT memberikan pemaparan, ”dengan menjadi anggota FPPT dapat memudahkan anggota saling berkunjung ke setiap perpustakaan Perguruan Tinggi yang menjadi anggota, bahkan dapat mencairkan prosedur birokrasi yang ketat. Disamping hal tersebut dengan aktif menjadi anggota banyak manfaat yang diperoleh diantaranya: anggota dapat mengikuti pertemuan dan seminar secara gratis yang diadakan setiap 4 bulan sekali. Dalam setiap pertemuan senantiasa diinformasikan pengetahuan dan perkembangan informasi terbaru yang diperoleh pengurus maupun anggota FPPT, baik informasi diperoleh dari Dirjen Dikti, Perpustakaan Nasional, maupun sumber lainnya. Semakin sering mengikuti acara fppt, maka akan semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan.

Pada kesempatan yang sama Rektor UNJANI mengatakan, berkaitan dengan perpustakaan, terjadi loncatan perubahan yang luar biasa, dari perpustakaan konservatif ke perpustakaan modern. Perpustakaan konservatif adalah perpustakaan yang hanya mengelola perpustakaan secara manual, kondisi perpustakaan harus senantiasa sepi, sedangkan perpustakaan modern menurut beliau adalah perpustakaan yang dilengkapi dengan teknologi informasi yang canggih, adanya fasilitas internet, dapat melayani pengunjung dengan cepat dan tepat, kondisi ruangan yang naaman. Perpustakaan yang tidak mau merubah diri dari paradigma konservatif ke modern akan terpinggirkan, dan ditinggal pengunjungnya, karena dengan semakin berkembang teknologi informasia nan canggih pengguna cukup di rumah atau di swalayan yang suasananya lebih nyaman, dapat memanfaatkan internet berkunjung ke berbagai perpustakaan atau sumber informasi lainnya yang sudah dilengkapi dengan teknologi modern. Rektor UNJANI berpesan agar perpustakaan terus maju, jangan menyerah dengan berbagai tantangan dan kondisi yang dihadapi, manfaatkan forum ini sebagai ajang saling sharing pengetahuan dan pengalaman, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada civitas akademika, khususnya mahasiswa. Di samping hal tersebut Rektor UNJANI memaparkan bahwa budaya baca masyarakat kita masih kurang, oleh karena itu peran perpustakaan sangat besar untuk mempromosikan berbagai koleksi yang dimiliki perpustakaan kepada masyarakatnya. Kualitas dosen juga mendapat sorotan beliau, dosen diwajibkan untuk senantiasa meningkatkan wawasan pengetahuannya agar dapat mengimbangi perkembangan pengetahuan modern, sehingga dapat menerapkan kepada anak didiknya.

Banyak sekali informasi yang dapat dipetik pada pertemuan tersebut, di samping informasi jurnal online dari proquest, dalam pertemuan tersebut, juga ditampilkan anggota forum dari Bogor, untuk berbagi cerita atas keberhasilan mengoptimalkan program sistem informasi perpustakaan (Gelis), hasil Workshop yang diadakan FPPT di Perpustakaan ITENAS pada bulan Juli 2008. Program gelis tersebut merupakan software free yang diluncurkan oleh Politeknik Bandung (POLBAN).

Semoga dengan adanya FPPT, perpustakaan perguruan tinggi khususnya menjadi lebih maju dan berkembang, sesuai dengan tuntutan informasi globalisasi saat ini. (Amin) by Hilman Firmansyah (Komisi Kerjasama FPPT JABAR)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: