Rekomendasi Rapat Kerja Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jabar

Rekomendasi Rapat Kerja

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Jawa Barat

Bandung, Aula Bapusipda, 30 April 2009

Dalam rangka mensinergikan program pembinaan perpustakaan di Propinsi Jawa Barat oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat dengan unsur perguruan tinggi, diperlukan suatu arahan/langkah yang dapat dijadikan dasar pijakan bersama dalam mengembangkan perpustakaan sehingga apa yang dicita-citakan masyarakat Jawa Barat dapat tercapai atas peran serta perpustakaan.

Untuk itulah pada rapat kerja ini, kami merekomendasikan pengembangan perpustakaan dan budaya baca masyarakat Jawa Barat sebagai berikut:

1. Membangun pangkalan data koleksi Jawa Barat yang berbasis web. Adanya pangkalan data Jawa Barat yang dipusatkan di BAPUSIPDA dan link ke seluruh perpustakaan (perguruan tinggi) di Jawa Barat akan mempermudah akses masyarakat akan kebutuhan informasi.

2. Memperkuat local content (buku, jurnal, artikel, skripsi, thesis, disertasi, penelitian) juga koleksi khusus tentang Jawa Barat dari masing-masing perpustakaan perguruan tinggi yang akan menjadi kekayaan koleksi Jawa Barat dan mendukung pangkalan data Jawa Barat.

3. Sebagai badan Pembina perpustakaan di Jawa Barat, BAPUSIPDA dapat memberikan dorongan peningkatan perpustakaan melalui hibah kompetensi. Melalui hibah ini diharapkan perpustakaan perguruan tinggi dapat mengembangkan diri sesuai dengan arah yang telah digariskan.

4. Melakukan pembinaan pemanfaatan  teknologi informasi dalam layanan perpustakaan berbasis free software baik perpustakaan perguruan tinggi maupun perpustakaan lainnya.

5. Peningkatan SDM (Pustakawan) dalam bidang teknologi informasi.

6. Memberdayakan seluruh elemen masyarakat JABAR dalam peningkatan IPM JABAR khususnya dalam bidang perpustakaan.

7. Membina hubungan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan yang ada di Jawa Barat dalam rangka pembangunan IPM JABAR.

8. Mensinergikan seluruh lembaga terkait perpustakaan perguruan tinggi (BAPUSIPDA, PERPUSNAS, DIKTI, KOPERTIS) dalam pengembangan perpustakaan perguruan tinggi.

9. Memulai Gerakan Baca Masyarakat Jabar untuk menyebarkan “virs membaca”. Dalam rangka pembinaan budaya baca diperlukan pembekalan baik kepada pustakawan sebagai agen pembina budaya baca maupun masyarakat sebagai sasaran pembinaan budaya baca melalui pelatihan metode membaca yang benar dan efektif.

10. Membuat pilot project masyarakat baca dengan sasaran masyarakat usia produktif.dsc00485

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: