Mensikapi Peringkat Pendidikan Tinggi dan Olimpiade Science

Sepanjang 2 tahun terakhir mutu perguruan tinggi Indonesia secara signifikan meningkat dari waktu kewaktu. Setidaknya hal ini tercermin dari jumlah perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk dalam Rangking Webometric, salah satu peringkat rangking perguruan tinggi didunia yang sering menjadi rujukan bagi perguruan tinggi didunia, selain rangking versi Times Higher Education suplemen dan Academic Rank of World Universities (ARWU) atau lebih dikenal dengan Shanghai Rangking. http://forkommi-ugm.org/wp/news/mutu-perguruan-tinggi-di-dunia/

Pada tahun 2009 perguruan tinggi di Indonesia masuk top 100 kategori webiometri Asia yaitu UGM 64 dan ITB 71. Di samping itu siswa-siswa Indonesia yang mengikuti olimpiade scince berhasil membawa pulang medali, bahkan hampir setiap tahun perwakilan Indonesia selalu menang dalam olimpiade science. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya pendidikan di Indonesia sudah maju, bahkan SDM pendidikan di Indonesia dapat bersaing di tingkat dunia. Sejak kenaikkan anggaran pendidikan menjai 20%, pelayanan pendidikan mengalami peningkatan, walaupun belum sesuai yang diharapkan. Pencanangan sekolah gratis untuk pendidikan dasar disertai dengan Bantuan Operasional Sekolah sudah mulai dilaksankan di kabupaten/kota, walaupun masih ada penyelewengan penggunaan dana BOS, hal ini tentunya pengawasan dari masyarakat harus lebih intensif. Buku online sudah tersedia di internet, bahkan bisa dengan mudah diakses dan didownload untuk disebarluaskan ke sekolah-sekolah yang belum memiliki sarana internet. Bahkan saat ini untuk belajar bisa lebih interaktif dengan adanya pesonaedu.com yaitu simulasi interaktif kelas dunia untuk matematika dan sains.

Semoga keberhasilan ini semakin memacu perkembangan pendidikan di Indonesia agar lebih maju, sehingga pada tahun mendatang dapat mengkat Indek Prestasi Pendidikan Indonesia di tingkat Internasional.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: