Hikmah di balik derita

Tulisan ini terinspirasi dari beberapa kasus yang mencuat ke permukaan pada bulan Juni 2009 seperti kasus Ibu Prita Mulyasari, dan Ibu Siti Azhar. Ibu Prita mengalami trauma dan mengalami kegalauan akibat tuntutan hukum yang diajukan oleh pihak RS Omni internasional atas dirinya, karena dianggap telah mencemarkan nama baik rumah sakit dengan mengirim email keluhan layanan rumah sakit, kepada rekannya. Akibat perbuatannya itu ibu Prita ditahan di Lapas Tangerang. Tidak lama Komnas HAM bersimpati dan turut memperjuangkan Ibu Prita agar dilepaskan dari lapas Tangerang. Bantuan dan uluran tangan dari berbagai pihak pun bermunculan, para bloger dan pengguna facebook angkat bicara, dan mengutuk pihak rs atas sikapnya terhadap ibu Prita. Akhirnya karena dorongan dan simpati yang begitu besar dari masyarakat, ibu Prita dilepaskan dari tahanan Lapas Tangerang menjadi tahanan kota. Dari kasus ibu Prita, hikmah yang dapat diambil adalah Ibu Prita menjadi pembicaraan berbagai masyarakat melalui media masa baik cetak maupun elektronik. Mungkin sebelumnya tak akan terbayangkan bisa diwawancarai oleh berbagai stasiun televisi swasta nasional, dan menjadi terkenal secara nasional. Pemberitaan tentang Ibu Prita begitu gencar, sehingga membuat kalang kabut pihak RS Omni. Keluguan kepasrahan seorang ibu memperjuangkan kebenarannya bisa menggerakan hati berbagai pihak, dari kalangan masyarakat kecil hingga petinggi negara seperti Wapres JK.

Dan yang masih sangat hangat adalah peristiwa yang menimpa ibu Siti Hazar seorang TKW Indonesia yang bekerja di Malaysia dianiaya oleh majikannya begitu sadis. Peran media dalam hal ini sangat besar sekali, sehingga terungkap secara nasional bahkan internasional. Presiden pun turut memotivasi kepada Ibu Siti Hazar agar bersabar dan selalu berdoa kepada Alloh SWT., itulah pesan Presiden dalam pembicaraan dengan Ibu Siti Hazar melalui telepon genggamnya. Nampak Ibu Siti Hazar begitu kaget menerima telepon dari orang no 1 di Indonesia, kalau saja bukan karena kasus ini, mungkin tidak akan ada percakapan dan perhatian yang begitu besar dari pemerintah, serta berbagai pihak yang langsung memperhatikan kondisi Ibu Siti Hazar.

Dari kedua kasus tsb. merupakan kekuasaan Alloh yang telah menunjukkan kepada umatnya, dibalik penderitaan yang dialami ada hikmah yang sangat besar. Berpandai-pandailah mengambil hikmah, agar menjadi pembelajaran yang berharga dalam mengarungi kehidupan untuk bekal kelak di akherat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: