Perpustakaan PT dan Dikti

Perpustakaan merupakan jantungnya perguruan tinggi. Kalimat seperti itu sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kalangan perguruan tinggi, bahkan hampir didengar lebih dari 21 tahun yang lalu, ketika baru pertama kali bekerja di perpustakaan.  Namun kenyataannya tidak semua Perguruan Tinggi (PT) peduli terhadap istilah tersebut, dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang berbeda, bahkan tidak sedikit yang menempatkan perpustakaan seadanya saja, dan ditempatkan ditempat yang kurang terhormat misal; di bangunan belakang, di pojok, di lantai dasar, dll. Pimpinan PT seolah kurang peduli terhadap perpustakaan.

Kurang pedulinya PT terhadap perpustakaan dirasakan oleh beberapa rekan di perpustakaan pada saat sharing di kala pertemuan forum perpustakaan, ataupun pada saat acara pertemuan pustakawan. Masih ada saja yang melirik perpustakaan hanya sebelah mata, beranggapan tanpa perpustakaan pun PT bisa jalan.

Namun pada perkembangan terkini angin segar telah ditiupkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Diki) yang mulai memompa keras PT untuk mengembangkan perpustakaan, bahkan dikti berharap perpustakaan PT di tanah air dapat masuk perpustakaan yang bertaraf internasional dengan instilah WCU (Word Class University). Dikti begitu peduli terhadap perkembangan perpustakaan PT, berbagai langkah strategi pun telah dilakukan, diantaranya dengan menyediakan dana hibah kompetensi bagi perpustakaan, serta berbagai pelatihan untuk meningkatkan pelatihan kompetensi pustakawan yang diselenggarakan hampir di setiap wilayah Kopertis di Indonesia. Kebijakan dikti yang sangat membantu dan melegakan Perpustakaan PT adalah dengan melanggan secara nasional ejournal yang terdiri dari Proquest, Gale, dan Ebsco. Setiap PT telah diberikan hak aksesnya, dengan memberikan user name dan password. Mudah-mudahan dengan langkah strategis dikti ini dapat meringankan dan memacu langkah Perpustakaan PT di Indonesia.

Langkah dikti ini harus kita sambut dan dukung sepenuhnya, agar harapan dan cita-cita Perpustakaan bertaraf internasional dapat terwujud di Republik Indonesia tercinta.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: