Kolaborasi strategis yang dapat dilakukan bersama perpustakaan instansi pemerintah untuk mendorong keterbukaan informasi:


Berdasarkan hasil diskusi kompetensi pustakawan yang diselenggarakan oleh Dikti di Hotel Topas Bandung pada tanggal 28-31 Mei 2009, dirumuskan sebagai berikut:

1.  Perpustakaan Perguruan Tinggi sebaiknya dapat mengadakan kerjasama berkesinambungan dengan perpustakaan instansi pemerintah: (membuat MOU kerjasama berkaitan dengan kemudahan akses informasi public)

2. Perpustakaan PT sebagai agen informasi public, kiranya turut aktif mengakomodir kebutuhan informasi public di lingkungannya untuk kemudian berama perpustakaan instansi pemerintah (di bale), menginformasikan kebutuhan publik kepada pemerintah setempat, misalnya: kebutuhan mahasiswa di bidang akuntansi pemerintahan daerah, perencanaan pembangunan dll.

3. Perpustakaan PT turut serta mensosialisasikan hasil-hasil kajian dari instansi  pemerintah.

4. Perpustakaan PT dapat memberikan kontribusi penting dalam penyusunan PERDA tentang informasi public.

5. Perpustakaan melakukan kegiatan bersama  perpustakaan pemerintah dalam  meningkatkan SDM perpustakaan di suatu daerah, hal ini dilakukan karena masih banyak perpustakaan di daerah yang belum dikelola dengan baik.

6. Bekerjasama dengan Lembaga  Pengabdian Masyarakat  PT untuk membantu Pemerintah   menyebarkan luaskan hasil penelitian teknologi terapan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: