Catatan singkat SEMILOKA Perpustakaan Sekolah Menuju Sekolah Bertaraf Nasional dan Internasional

NOTULEN:

METODE LAYANAN DAN PROMOSI PERPUSTAKAAN

DISAMPAIKAN OLEH:

IDA HENDRAWATI

PADA

SEMINAR DAN LOKAKARYA (SEMILOKA)

Perpustakaan Sekolah Berkualitas menuju Sekolah Standar Nasional dan Internasional

Bandung, 29-30 Juli 2009

Diselenggarakan atas kerjasama

IPI Daerah Jawa Barat

Dengan

BADAN PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT

  1. LAYANAN perpustakaan harus diketahui terlebih dulu sebelum dilakukan promosi perpustakaan.
  2. Jembatan antara perpustakaan dan pemustaka adalah layanan
  3. Melihat bagus tidaknya perpustakaan dapat dilihat dari jumlah kunjungan ke perpustakaan.
  4. Layanan perpustakaan adalah segala ikhtiar yang dilakukan oleh perpustakaan untuk memberikan kemudahan kepada para pemustaka atau pembaca dalam mengakses informasi dan pendayagunaan bahan perpusakaan yang berbentuk karya cetak maupun karya rekam yang menjadi koleksi suatu perpustakaan.
  5. Tujuan layanan:

– pemustaka mampu memanfaatkan koleksi

6. Unsur2 layanan:

a. user

b. kekuatan koleksi

c. Sdm (ada peluang tenaga pustakawan di perp sekolah…

d. waktu layanan

e. administrasi layanan

f. peraturan perpustakaan

g. tujuan dan fungsi perpustakaan

7. Sistem layanan

a. open acces

b. close acces

8. system peminjaman dan pengembalian

a. system buku besar/kartu

b. system sulih (dummy) dan

c. system tiket (kantong)

d.

e. system token charging

9. Data statistic sangat penting untuk evaluasi kerja dan perencanaan selanjutnya

10. Layanan perpus sekolah harus bisa mendukung proses belajar mengajar di sekolah

11. Jenis layanan:

a. sirkulasi

b. referensi/rujukan (- pustakawan harus tanggap terhadap kebutuhan informasi dari pemustaka yang dating ke referen, -harus bisa menginterpretasi kebutuhan informasi)

c. penyebaran informasi terseleksi : penyebaran informasi mengenai subyek tertentu sesuai kepentingan pemustaka

d. penyebaran informasi mutakhir

e. audito visual (pandang dengar)

f. layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi (komputer)

g. penelusuran informasi / literature

h. peminjaman antar perpustakaan (inter library loan)

i. layanan biblioteraphy

j. bimbingan pembaca (reader’s advisor work) (bimbingan membaca, bimbingan perpustakaan, (pembinaan kelompok pemustaka: workshop keterampilan berbasis bahan perpustakaan, diskusi berbaSIS BAHAN PERPUSTAKAAN, book talk, mendongeng atau story telling, komunitas baca, menetapkan jam kunjung perpustakaan)

12. fungsi perpustakaan harus bisa diterapkan dalam pelayanan

13. promosi perpustakaan: dalam kegiatan layanan perpustakaan sebaiknya melibatkan semua komponen sekolah

Tujuan promosi: untuk memperkenalkan dan menginformasikan kepada pemustaka mengenai keberadaan perpustakaan dan fasilitasnya, sehingga dapat menyadarkan masyarakat pengguna (pemustaka) tentang pentingnya perpustakaan bagi kehidupan kepada semua kelompok sasaran yaitu semua sivitas sekolah agar menyadari peran perpusakaan sebagai mitra dalam pembelajaran.

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan promosi:

  1. Menyiapkan SDM
  2. Menyediakan gedung/ruang perpustakaan (lokasi, kebisingan, pencahayaan, dekorasu, ukuran ruang)
  3. Penyediaan dan penataan perabot/peralatan
  4. Penataan atau shelving koleksi bahan perpustakaan

TUJUAN PRESERVASI

  1. Melestarikan isi informasi koleksi dengan mengalihkan ke bentuk lain
  2. Melestarikan bentuk fisi asli dan isi informasi

PERTANYAAN/PERNYATAAN

  1. CD perpustakaan
  2. Sejauh mana batasan orientasi  bisnis, koleksi koleksi bisnis di perpustakaan
  3. Peminjaman koleksi dari bapusipda: persyaratannya:
  1. perpustakaan tsb. Harus menjadi titik layanan perpusakaan keliling,
  2. sekolah bisa memanfaatkan perpustakaan keliling kab./kota

Setiap kab./kota memiliki perpustakaan umum, mobil keliling

  1. salah satu syarat sekolah harus ada perpusakaan, anggaran 5% dari anggaran sekolah sesuai dengan uu perpustakaan
  2. menggali sumber dana perpustakaan bisa dilakkan berbagai cara sesuai dengan kebijakan masing-masing sekolah (kerjasama dengan penerbit dll)
  3. menanamkan cinta perpustakaan dengan karya wisata di sekolah berkunjung ke perpustakaan
  4. Diperlukan suatu metode khusus yang dapat mengingatkan kepala sekolah peduli terhadap perpustakaan
  5. peran dari IPI diharapkan dapat memacu kepedulian kepala sekolah
  6. diharapkan ada pertemuan ipi dan kepala sekolah sejawa barat
  7. Hakekat preservasi pustaka adalah menyelamatkan budaya baca dan hasil piker manusia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: