KIPRAH PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI

Perpustakaan perguruan tinggi merupakan unsur penunjang perguruan tinggi, yang bersama-sama dengan unsur penunjang lainnya, berperan serta dalam melaksanakan tercapainya visi dan misi perguruan tingginya. Adapun tugas perpustakaan perguruan tinggi adalah mengembangkan koleksi, mengolah dan merawat bahan perpustakaan, menyediakan layanan, serta melaksanakan administrasi perpustakaan. Kelima tugas tersebut dilaksanakan dengan sistem administrasi dan organisasi yang berlaku bagi penyelenggaraan sebuah perpustakaan di perguruan tinggi. (Dikti, 2008)

Sebagai  unsur penunjang perguruan tinggi dalam mencapai visi dan misinya, perpustakaan memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:

Fungsi Edukasi

Perpustakaan merupakan pusat sumber belajar para sivitas akademika. Oleh karena itu staf perpustakaan harus selalu mendorong sivitas akademikanya agar memanfaatkan sumber-sumber yang disediakan untuk tujuan pendidikan, pengajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Fungsi Informasi

Perpustakaan merupakan sumber informasi yang mudah diakses oleh  pencari dan pengguna informasi.

Fungsi Riset

Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan  pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Koleksi pendukung penelitian di perpustakaan perguruan tinggi mutlak dimiliki, karena tugas perguruan tinggi adalah menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan pembangunan masyarakat dalam berbagai bidang.

Fungsi Rekreasi

Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas,  minat dan daya inovasi pengguna perpustakaan.

Fungsi Publikasi

Perpustakaan juga membantu melakukan publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh warga  perguruan tingginya yakni sivitas akademik dan staf non-akademik agar karya/penelitian lanjutan dapat dilakukan, hasil penelitian dapat dimanfaatkan dan dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Fungsi Deposit

Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang dihasilkan oleh warga perguruan tingginya. Karya dan pengetahuan tersebut diturunkan kepada generasi selanjutnya, sehingga generasi penerus dapat mengembangkan temuan-temuan yang telah ada.

Fungsi Interpretasi

Perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dimilikinya untuk membantu pengguna dalam melakukan dharmanya.

Perguruan Tinggi adalah selain sebagai penghasil lulusan yg bermutu tinggi juga melakukan kegiatan penelitian. Kedua komponen tsb. berperan dalam mengembangkan pengetahuan, sehingga informasi dan pengetahuan yg pernah diciptakan merupakan aset yang penting untuk meraih 2 hal tsb.

Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, peran pustakawan PT sangat vital, karena yang menggerakan roda perpustakaan PT adalah para pustakawannya. Sesuai dengan fungsi2 tsb. pustakawan dalam merumuskan program kerjanya harus mengacu pada fungsi tsb., baik dalam mengadakan koleksi, melayankan, atau memberikan pelayanan lainnya di perpustakaan.

Dengan kemajuan teknologi informasi, sangat membantu pustakawan untuk mengelola perpustakaan. Namun demikian berdasarkan informasi di FPPT Jabar belum semua perpustakaan memanfaatkan sarana teknologi informasi. Untuk memperjuangkan teknologi informasi di perpustakaan butuh suatu usaha keras dari pustakawannya, tidak hanya mengandalkan peran pimpinan PT. Pustakawan harus dapat meyakinkan kebutuhan teknologi informasi di perpustakaan. Oleh karena itu pustakawan harus mau belajar tentang kebutuhan teknologi informasi di perpustakaan.

Peran pustakawan PT tidak hanya sebatas mengelola informasi saja, tetapi harus sudah dapat mensejajarkan diri dengan staf pengajar di PT. Hal ini tentunya bukan perkara mudah, butuh perjuangan yang keras disertai dengan usaha keras untuk selalu belajar dan terus belajar untuk selalu menambah ilmu pengetahuan, sehingga dapat memberikan rujukan kepada civitas akademika PT.

Mudah-mudahan dengan tulisan sederhana ini dapat memberikan inspirasi bagi para pustakawan PT untuk selalu menambah wawasan keilmuannya di PT.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: