Pemanfaatan e-journal di Perguruan Tinggi

Suatu angin segar telah dihembuskan oleh Direktorat Pendidikan Dikti Departemen Pendidikan Nasional, janji yang telah dipublikasikan sejak tahun 2008 akhirnya pada bulan Mei 2009 dapat diwujudkan, yaitu e-journal bagi perguruan tinggi di Indonesia. Pada tanggal 3-4 Juli 2009 telah dilakukan sosialisasi e-journal di Lab.Komputer ITB terhadap PTN dan PTS di wilayah Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut setiap PT diberikan kode akses, user name dan password. Telah diketahui oleh masyarakat PT, bahwa untuk berlangganan journal tentunya sangat mahal 1 subyek saja bisa mencapai ratuan juta. SEdangkan fasilitas yang diberikan oleh dikti dengan e-journal yaitu sebelas subyek dari tiga vendor PROQUEST, EBSCO DAN GALE. Berbagai ilmu pengetahuan dapat kita ketahui dari journal-journal internasional, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh civitas akademik Perguruan Tinggi. Oleh karena itu sangat disayangkan kalau pemanfaatan e-journal tidak dioptimalkan.

Mengingat betapa pentingnya e-journal, UPT Perpustakaan Universitas Pasundan sejak diberikan hak akses dengan diberikannya user name dan password, telah dilakukan sosialisasi ke seluruh program studi yang ada di Universitas Pasundan. Alhamdulillah pada bulan Juli 2009 akreditasi program studi di FISIP UNPAS terbantu dengan adanya e-journal, bahkan dengan asesor kita mempresentasikan e-journal yang telah berhasil didownload.

Mudah-mudahan pada tahun selanjutnya dikti tetap melanggankan e-journal bagi perguruan tinggi di Indonesia, dan tentunya setiap PT harus berupaya untuk memanfaatkan e-journal dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan penelitian dan akademisi di Perguruan Tinggi.

2 Tanggapan to “Pemanfaatan e-journal di Perguruan Tinggi”

  1. Ahmad Tarmizi,SE.M.M Says:

    saya dari Universitas Batanghari Jambi mau tanya kode askes e-jurnal untuk Universitas saya. mohon dijawab

    • intanghina Says:

      pa tarmizi, coba konfirmasikan kepada kopertis wilayah di perguruan tinggi bapak, atau ke ptn negeri, semua ptn dan pts juga berkesempatan untuk mengakses ejournal, menurut informasi masih sangat kurang pt yang mengakses ejournal, jadi sangat sayang sekali biaya tuk berlangganan journal yang milyaran tapi tidak dioptimalkan oleh ptn/pts, sekali lagi bapak coba hubungi ke kopertis. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: