Meningkatkan peran Pustakawan Perguruan Tinggi

Pustakawan adalah sebutan bagi orang yang bekerja di perpustakaan. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia pustakawan adalah orang yang bergerak di bidang perpustakaan atau ahli perpustakaan  Kemudian menurut kode etik Ikatan Pustakawan Indonesia dikatakan bahwa yang disebut pustakawan adalah seseorang yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan, sedangkan menurut kamus istilah perpustakaan karangan Lasa, H.S. Librarian – pustakawan, penyaji informasi adalah tenaga profesional dan fungsional di bidang perpustakaan, informasi maupun dokumentasi. Dari ketiga pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pustakawan adalah orang yang memiliki pendidikan perpustakaan atau ahli perpustakaan atau tenaga profesional di bidang perpustakaan dan bekerja di perpustakaan. Jadi pustakawan adalah seseorang yang profesional atau ahli dalam bidang perpustakaan. (Samule Randan)

Peran pustakawan di perguruan tinggi sangat penting, apalagi dengan globalisasi saat ini, ditambah dengan visi dan misi perguruan tinggi menuju wordclass university, perpustakaan menjadikan salah satu komponen sangat penting . Beragam informasi dan pengetahuan tersedia di perpustakaan, semuanya ini tak kan berarti apa-apa tanpa ada pengelolaan dari pustakawannya. Kehausan informasi pembaca baik secara tradisional maupun modern, mengharuskan pustakawan untuk meningkatkan perannya.

Saat ini peran pustakawan perguruan tinggi tidak hanya secara konvensional saja, yang hanya mengolah pustaka, melayani peminjaman, dan rujukan di perpustakaan saja, tetapi dapat ditingkatkan lagi dengan layanan teknologi informasi melalui internet. Ada beberapa layanan yang dapat dilakukan pustakawan dengan teknologi internet saat ini, pustakawan saat ini tinggal duduk manis di depan komputer, untuk menjawab permasalahan pembaca, baik melalui email, yahoo masanger, facebook dan media teknologi lainnya. Bahkan saat ini pustakawan bisa dengan mudah untuk menulis webblog, tidak mesti harus memiliki server sendiri, karena kita tinggal daftar saja melalui beberapa webblog yang tersedia begitu banyak, dengan fasilias dan kemudahan yang diberikan. Sarana webblog bisa dijadikan pembelajaran dan peningkatan pengetahuan bagi pustakawan, sehingga keinginan dari para pembaca dan pencari informasi dapat dilayani. Pustakawan yang menjadi bloger akan lebih kreatif, serta pengetahuan akan semakin bertambah.

Hal tersebut dialami oleh penulis, sejak tahun 2007 membuat blog dengan alamat intanghina.wordpress.com dan perpusunpas.wordpress.com, blog tersebut sampai saat ini telah diakses oleh lebih dari 85.000 pengunjung. Untuk menulis di blog tersebut penulis mau tidak mau harus belajar dan terus belajar untuk menjawab kebutuhan informasi pembaca. Pembaca atau pun pengunjung perpustakaan pun menjadi lebih luas, tidak hanya civitas akademika PT saja, banyak dari kalangan masyarakat luas.

Saat ini di blog penulis yang paling banyak dikomentari adalah tentang artikel kinerja, dan perkawinan campuran. Untuk menjawab kebutuhan pembaca berkaitan dengan artikel di webblog, penulis juga melayani melalui chating di fb dan ym . Keasyikan tersendiri bagi penulis dengan hal seperti itu, disamping menambah wawasan, juga semakin banyak mengenal orang dengan beragam kebutuhan informasi, dari latar belakang yang beragam.

Ada satu pertanyaan yang menggelitik penulis dari seorang teman melalui chatting, pa kalo bapak ini dinas di pemerintahan, lawyer atau apa?, lalu penulis jawab, “aku ini adalah pustakawan jadi-jadian, karena sebenarnya penulis bukan Sarjana Perpustakaan, tapi penulis sangat cinta perpustakaan, ” lalu jawab nya, “pantesan saja bapak bisa tahu segala ???”, penulis pun menjawab, “tidak juga sih, penulis ni bisa, karena ada pertanyaan, sehingga penulis belajar untuk memenuhi keinginan pembaca”.

Dialog tersebut merupakan salah satu yang sering penulis lakukan dengan pembaca. Dari keisengan penulis menulis di webblog ini, ternya terus berlanjut untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pembaca, baik melalui webblog ataupun kebutuhan pengunjung yang datang ke perpustakaan Unpas.

Dengan peningkatan peran pustakawan saat ini, perpustakaan diharapkan, semakin dapat memenuhi harapan pembaca, dan  semakin maju hingga dapat menyokong visi dan misi perguruan tinggi untuk menuju word class university seperti yang diharapkan oleh beberapa PT. Semoga. Amiin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: