Seleksi Pustakawan Berprestasi Tingkat Jawa Barat-Banten

Kopertis wilayah IV Jawa Barat-Banten pada hari Senin, 10 Mei 2010 bertempat di Gedung Kopertis Jatinangor mengadakan seleksi pustkawan berprestasi Jawa Barat-Banten. Acara ini merupakan kegiatan tahunan untuk memilih akademisi berprestasi. Di samping seleksi pustakawan, sebelumnya juga sudah diadakan laboran berprestasi, dan tenaga akademik berprestasi.

Pada kegiatan seleksi pustakawan, banyak manfaat yang bisa diperoleh, diantaranya bersilaturahmi dengan pustakawan dari berbagai perguruan tinggi lainnya; menambah wawasan keilmuan, karena pada saat seleksi kita ditanya berbagai permasalahan dan ilmu tentang perpustakaan dan kepustakawanan.

Bukan kemenangan atau kalah yang jadi sasaran utama dalam kegiatan tersebut, namun saling berbagi ilmu diantara pustakawan yang lebih diharapkan pada ajang tersebut, demikian pesan yang disampaikan oleh Panitia Penyelenggara.

Pada ajang tersebut beberapa PT yang ikut ambil bagian antara lain: 1. Pustakawan Unpas (kebetulan mendapat giliran pertama untuk presentasi), 2. Pustakawan UNIKOM; 3. IT TELKOM; 4. UNISBA, 5. UNINUS dll dari perguruan tinggi di Jawa Barat dan Banten.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat-Banten Prof.Dr.Ir.Abdul Hakim Halim M.Sc. Beliau mengatakan berkaitan dengan perpustakaan dan pustakawan sbb:

1. Perpustakaan memegang peranan penting dalam pengembangan pengetahuan di civias akademika perguruan tinggi.

2. Buku-buku di perpustakaan dapat menambah wawasan pengetahuan dan pengembengan ilmu dalam perkuliahan di samping buku-buku Diktat perkuliahan.

3. Dengan semakin cepatnya arus informasi dan teknologi mempercepat kelipatan pengembangan ilmu pengetahuan, dulu percepatan kelipatan ilmu pengatahuan 1750 tahun, namun saat ini bisa mencapai dalam waktu 73 hari percepatan kelipatan pengembangan ilmu pengetahuan, hal yang sangat luar biasa. Peran perpustakaan tentunya memiliki andil yang sangat besar, karena di perpustakaan berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi informasi tersedia.

Di samping peran perpustakaan yang begitu besar, beliau juga mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi perpustakaan, diantaranya dengan masih minimnya kunjungan pembaca ke perpustakaan, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi informasi, dan internet yang berkembang pesat, sehingga pembaca tinggal browsing saja melalui internter baik di rumah-rumah maupun di tempat lainnya, sehingga hal tersebut menjadi tantangan bagi perpustakaan. Solusi yang dapat diambil dari hal tersebut, adalah agar perpustakaan juga menyediakan layanan berbasis internet dan layanan elektronik.

Demikian beberapa hal yang diperoleh dari ajang seleksi pustakawan berprestasi, semoga dengan ajang tersebut, dapat meningkatkan citra pustakawan, serta dapat mengembangkan peran aktif perpustakaan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: