Keselarasan Antara Perpustakaan Berbasis Teknologi dan Layanan Prima

Perkembangan informasi dan teknologi yang begitu pesat bedampak pada perpustakaan, khususnya perpustakaan perguruan tinggi. Perpustakaan perguruan tinggi terdiri dari Perpustakaan Universitas, Akademik, Sekolah Tinggi, dan Institut. Pada awalnya perpustakaan hanya berisi koleksi buku-buku ataupun majalah yang tergolong ke dalam koleksi cetak, namun dengan perkembangan teknologi informasi, koleksi perpustakaan menjadi berkembang, dalam bentuk CD, VCD, Film dll.

Dengan kehadiran teknolog informasi di perpustakaan memudahkan bagi pustakawan untuk mengelola koleksi dan sumber informasi. Ketika jaman serba manual mengolah koleksi harus melewati beberapa prosedur panjang, dengan kehadiran teknologi informasi, menjadi lebih mudah, dan cepat.

Namun demikian betapun canggihnya teknologi informasi tak kan bisa menggantikan peran manusia dalam hal memberikan pelayanan terbaik.

Pelayanan perpustakaan dengan berbasis teknologi hendaknya diselaraskan dengan peran pustakawan sebagai pengelolan informasi. Layanan cepat dan tepat dengan bantuan kecanggihan teknologi tak kan bermanfaat bila dalam memberikan layanan tidak diimbangan dengan ketulusan dan kemurahsenyuman petugas (pustakawan).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: