SEMINAR DAN WORKSHOP PERTEMUAN FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI JAWA BARAT 22 September 2011 di UNSIL TASIKMALAYA

Pertemuan rutin III Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Barat dilaksanakan atas kerjasama Univesitas Siliwangi Tasikmalaya dengan FPPT JABAR. UNSIL untuk yang ketiga kalinya sebagai tuan rumah pertemuan FPPT JABAR, demikian disampaikan Ketua FPPT JABAR (Drs. Arief Dj. Tresnawan) pada sambutan pembukaan pertemuan tsb. Pada sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UNSIL (Ir. Indra Mahdi) selaku tuan rumah,  memaparkan bahwa peserta yang hadir lebih dari 100 peserta, datang dari berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Barat yang sebagian besar merupakan anggota FPPT JABAR. Pada pertemuan tersebut dibuka oleh Rektor UNSIL Prof. Dr. H. Kartawan, pada sambutannya menyatakan bahwa perpusakaan merupakan suatu lembaga central di Perguruan Tinggi, perpustakaan merupakan jantung dan ruhnya Perguruan Tinggi, namun dalam kiprahnya masih banyak perguruan tinggi yang kurang memperhatikan keberadaan perpustakaan, padahal ketika masa akreditasi program studi, informasi tentang perpustakaan selalu menjadi perhatian dan penilaian dari asesor. Saat ini dengan semakin majunya perkembangan informasi dan teknologi, seharusnya perpustakaan lebih diperhatikan dan difungsikan sebagaimana mestinya, sesuai dengan peraturan tentang perpustakaan.

Pada kegiatan tersebut secara parallel diadakan workshop penyusunan Standar Operational Procedure Perpustakaan Perguruan Tinggi dan workshop penelusuran ejournal EBSCO dan Gale. Sebagai pembicara workshop tentang SOP Perpustakaan disampaikan oleh Dra. Helmy (Kepala Perpustakaan POLBAN) yang dimoderator oleh Hilman Firmansyah, SIP (Kepala Perpustakaan UNPAS). Kegiatan tersebut diikuti dengan serius dan antuias oleh peserta, hal ini ditunjukkan sampai akhir acara, peserta tetap setia berada di ruangan pertemuan. Pada workshop SOP peserta dibagi kedalam 6 kelompok untuk membahas berbagai kegiatan di perpustakaan seperti layanan, pengadaan, pengolahan serta teknologi informasi di perpustakaan. Peserta diharapkan pada pertemuan berikutnya telah selesai membuat SOP bagi masing-masing perpustakaan perguruan tingginya.

Disamping kegiatan workshop, ada juga presentasi produk ejournal dari Ebsco dan Gale, serta pameran buku dari Toko Buku Agung Seto dan Penerbit Andi.

Semoga dengan antusias dari pustakawan, perhatian dari pimpinan serta dukungan dari berbagai pihak, perpustakaan perguruan tinggi akan semakin maju.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: