Peran FPPT JABAR: berkaca dari pertemuan rutin I di UMI Sukabumi

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Wilayah Jawa Barat Banten yang kiprahnya sejah Tahun 2000 dituntut peran yang lebih tidak hanya untuk kepentingan perpustakaan perguruan tinggi semata, melainkan juga turut memberikan kontribusi langsung bagi pembangunan di Jawa Barat, khususnya di Jawa Barat Bagian Selatan seperti Sukabumi.
Acara pertemuan rutin ilmiah I/2012 yang diselenggarakan di Universitas Muhamadiyah Sukabumi, banyak menghasilkan masukkan yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi FPPT JABAR, tetapi juga bagi perkembangan pembangunan di Jawa Barat.
Diawali sambutan oleh Ketua FPPT JABAR Drs. Arief Dj. Tresnawan yang memaparkan kesalutannya terhadap UMI Sukabumi atas kesediaannya sebagai tuan rumah pertemuan rutin dan seminar ilmiah FPPT. UMI yang belum lama sebagai anggota FPPT tetapi sudah memberikan kontribusi berarti bagi Forum, oleh karena itu Ketua FPPT mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMI dan Jajarannya, serta memberikan penghargaan yang tinggi.
Kesempatan selanjutnya sambutan dan juga sebagai Keynote Speaker Rektor UMI begitu antusias terhadap perkembangan perpustakaan di Indonesia, bahkan beliau merupakan pencetus adanya D2 perpustakaan di Universitas Terbuka. Mengawali sambutannya beliau mengatakan tentang perkembangan pembangunan di wilayah Jawa Barat Bagian Selatan khususnya Sukabumi, dari janji-janji kampanye Gubernur berkali-kali ternyata belum sesuai dengan ucapan dan harapan masyarakat Kota Sukabumi, beliau berharap fotum turut pula memberikan kontribusi langsung, dengan cara turut menyuarakan pembangunan di Kota Sukabumi.
Pernyataan senada diucapkan pula oleh Wakil Walikota Sukabumi berkaitan dengan pembangunan di wilayah Jawa Barat Bagian Selatan. Beliau menyarankan agar pertemuan forum juga menghasilkan suatu rekomendasi bagi pembangunan di Jawa Barat, tidak melulu mementingkan perpustakaan.
Pertemuan rutin forum kali ini benar-benar memiliki makna dan pengalamana yang sangat berarti bagi pengurus dan anggota forum, karena dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Sukabumi.
Pada kesempatan yang lain, acara seminar ilmiah tentang Komunikasi Efektif yang dipaparkan oleh Yulianti Shodiqin, S.Sos., M.Lib., dengan moderator Hilman Firmansyah, S.Ip., M.AP. menghasilkan suatu kesimpulan bahwa komunikasi efektif sangat dibutuhkan di perpustakaan, apalagi dengan perkembangan informasi yang begitu pesat di perpustakaan, dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di perpustakaan mengharuskan pustakawan untuk berkomunikasi efektif, baik sesma pustakawan maupun dalam memberikan layanan kepada pemustaka.
Semoga dengan pertemuan rutin dan seminar ilmiah ini, bisa memberikan nuansa baru bagi perkembangan perpustakaan perguruan tinggi dan pembangunan di Jawa Barat, khususnya di bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: